Pages

Friday, February 8, 2008

review iklan



Iklan PEPSI

Semua orang pasti sudah mengenal produk ini sehingga iklan yang dibuat pun cukup sederhana (menurut saya, kalo menurut kalian engga, ya udah....).
Sepertinya PEPSI cukup membaca apa yang sedang banyak dibicarakan oleh hampir 75% penduduk di dunia yakni tentang Global Warming. Di kanan bawah terlihat tanda daur ulang dan ada kata-kata please recycle sehingga PEPSI ingin mengatakan bahwa produknya ini adalah produk yang sayang pada lingkungan sebab botolnya tidak akan menjadi limbah yang tak bisa di daur ulang.

Oke.. tarik nafas…
Saya sedikit grogi, huhuhu.. maklum anak baru dalam periklanan…
Dilihat dari Strength atau kekuatan, iklan ini cukup dapat dimengerti oleh orang yang melihatnya. Iklan ini sangat simple, diperlihatkan tampak bawah sekelompok anak muda sedang berkumpul (terlihat dari sepatu, sandal, jeans dan kuteks juga cincin yang sangat di dominasi oleh kalangan tua... pikiran kita sama kan?).
Konsep ramah lingkungan digambarkan melalui tanda ”please recycle” dan visualisasi botol PEPSI yang kosong yang digunakan untuk melakukan suatu permainan langsung menembak audience bahwa PEPSI adalah produk yang sayang dengan lingkungan dan botol PEPSI dapat digunakan untuk hal lain yakni untuk dijadikan alat permainan sewaktu berkumpul bersama teman-teman.
Sebenarnya iklan ini sangat mengena di benak saya sebab saya pernah melakukan permainan true or true dengan menggunakan botol minuman seperti ini saat berkumpul dengan bohlamers a.k.a anak-anak bohlam =)

Weakness atau kelemahan berkata lain, memang dari hal yang simple seperti yang saya katakan diatas bahwa iklan ini cukup menggambarkan suasana anak muda yang sedang berkumpul dan identik dengan bergembira melalui permainan tetapi kekuatan ini juga akahirnya menjadi kelemahan yakni, iklan ini simple tapi cukup kurang kuat menggambarkan bahwa PEPSI menjadi sahabat dikala mereka sedang berkumpul.

Oppurtunity atau kesempatan yang bisa ada dalam iklan PEPSI ini adalah adanya visualisasi penuh dari gambar anak-anak yang sedang bermain ini, misalnya digambarkan Full badan dari model sendiri sehingga bisa terlihat keceriaan anak-anak muda yang sedang berkumpul dan menggunakan PEPSI sebagai salah satu alat permainan. Ini akan memberikan nilai plus bagi persepsi di benak konsumen. Jika saya melihat iklan PEPSI dengan keceriaan yang nampak itu akan membuat saya jadi berpikir bahwa jika saya mengonsumsi PEPSI maka saya akan merasakan keceriaan.

Threat atau ancaman yang akan dialami oleh iklan PEPSI ini adalah terlalu banyaknya persamaan konsep yang diambil oleh iklan-iklan produk saat ini yakni mengenai isue GLOBAL WARMING sehingga konsumen telah banyak melihat konsep iklan yang sejenis di berbagai produk.


Kesimpulan dari saya..

Segmentasi dari PEPSI sendiri adalah anak-anak muda, targetingnya adalah anak-anak muda yang senang berkumpul dengan teman-temannya sehingga iklan PEPSI ini visualisasinya digambarkan ketika sekelompok anak muda yang sedang berkumpul dan mereka menikmati PEPSI. Menikmati PEPSI? Tau dari mana kamu, vi? Ya dari botol PEPSI yang sudah kosong bersih yang digunakan untuk bermain donk.
Oke lanjut ya..
Saat botol PEPSI yang telah diteguk rame-rame dan habis, biasanya yang kita akan lakukan adalah membuangnya tapi jangan salah! Botol PEPSI dapat digunakan untuk yang lain yakni untuk bermain true or dare dan semacamnya, ujung botol dijadikan penunjuk arah siapa yang akan kena dalam permainan.
Jadi kesimpulannya yang ada di benak saya adalah
1. PEPSI ingin memperlihatkan bahwa Ia adalah teman dari sekelompok anak muda yang senang berkumpul bareng teman.
2. PEPSI adalah produk yang walaupun telah habis di konsumsi tetapi tetap dapat dijadikan benda lain yang berguna yakni alat permainan.
3. PEPSI merupakan produk yang ramah lingkungan, borolnya dapat di gunakan untuk hal lain, bukan untuk menambah sampah plastik di gunung sampah.


Sekian review iklan dari saya, maaf jika banyak kekurangan di dalam tulisan saya ini, maklum saya masih perlu banyak belajar dari pengalaman dikritik, di komentari dan di puji. Hahahaha...
Jika sempat kunjungi blog saya di http://hereisprincess.blogspot.com

Hormat saya,

Priscilla olivia

4 comments:

Nice... good job. Minimal kamu da berusaha untuk bikin iklan yg ada twistnya. Tapi disisi lain, kesan pertama jujur aku ga ngeh ama ide atau cerita iklanmu. Baru kebantu pas baca briefmu. Sayangnnya kan kalo kita bikin iklan, briefnya ga ikut dipajang kan?hehehe... mungkin kalo aku boleh kasih saran, tambahin headline untuk membantu TA kamu... Kalo TA-mu anak muda, bikinlah yang sesuai dengan mereka...

Hohohoho...

mas abi... kok 'bikin iklan' sih?
itu review kok. :)
via binun tuh baca komennya mas abi. hehehe.

_Putri

Nice work Vi :)
Tapi ad sedikit yang mo Susi tambahin, kalo menurutku fokus iklan ini adalah daur ulang botol. Sehingga yang jadi pembicaraan adalah penyebab sebuah produk melakukan kampanye bentuk daur ulang khusus produknya. Kayaknya bakal lebih lengkap juga kalo ditambahain alasan pemilihan target audience untuk kampanye daur ulang seperti ini.
oke itu aje.

Dwijatmokohadisusilo

Kalo wajahnya kelihatan, kira2.. Pepsinya masih kelihatan "dominan ga ya?" karena akan semakin banyak warna terlibat selain "warna Pepsi"

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More