Pages

Thursday, August 14, 2008





Lego: Waterfall

Advertising Agency: Jung von Matt/Alster, Hamburg, Germany
Creative Directors: Daniel Frericks, Thimoteus Wagner, Götz Ulmer
Art Directors: Damjan Pita, Alexander Muesgens
Copywriter: Mathias Müller
Account Manager: Katharina Schablitzki
3-D-Modelling: Soul Pix
Published: December 2007

Begitu melihat iklan ini, kita akan tersenyum melihat keajaiban dari apa yang diciptakan dari mainan yang akrab menemani usia kita. Lego terus menciptakan sesuatu yang diluar bayangan kita. Iklan ini hanya ingin berkata bahwa lego merupakan mainan yang mampu membuat semua orang, baik anak-anak sampai orang dewasa mampu bermain dan menciptakan imajinasi tanpa ada perasaan tidak mungkin.
Kekuatan iklan ini adalah visualnya mampu sejalan dengan misi yang dibawa oleh Lego, yakni membuat sesuatu yang di imajinasikan oleh si pembuat sekalipun itu sangat tidak mungkin terjadi atau menjadi sebuah realita. Disini ditunjukan bahwa Lego mampu membuat sebuah rumah dengan air terjun di sebelahnya. Diperlihatkannya juga aktivitas yang terjadi sehari-hari dalam sebuah keluarga, ibu yang sedang menjemur pakaian, ayah yang sedang menikmati pemandangan di perkarangan menambah seakan-akan rumah ini nyata dan dengan lego kamu dapat mewujudkannya walaupun hanya dalam rumah mainan [biasanya kita dah cukup puas klo dah liat replikanya. hahaha]
Pertama kali melihat print ad ini, masih belum mengerti apa yang dimaksud oleh iklan ini tetapi setelah melihat judul dan copy barulah mengerti bahwa terdapat air terjun yang berada di sebelah rumah[yang ga mungkin sekali terjadi di dunia nyata]. Butuh waktu beberapa detik untuk melihat detail dan akhirnya tersenyum . Keren!
Iklan ini secara keseluruhan telah hampir sempurna, namun alangkah sempurnanya jika dapat lebih diperlihatkan air terjun dan air yang naik ke atas, mungkin dapat air dapat dibentuk lebih bergelombang sehingga dapat langsung menangkap bahwa visual itu adalah air yang naik ke atas dan akhirnya sampai menjadi air terjun. Adanya tokoh seorang anak juga akan membuat iklan ini tampak menarik karena pada idealnya, keluarga itu terdiri dari seorang ayah, ibu dan anak.
Jika print ad ini diperlihatkan dalam visual yang kecil maka akan membuat beberapa bagian nampak menjadi tidak jelas dan audience tidak dapat menangkap pesan visual apa yang ingin di tunjukan oleh Lego. Sebenarnya sih semua tergantung orang yang lihat dan aku rasa semua orang yang tidak menangkap visual di penglihatan pertama akan melihatnya disaat penglihatan kedua setelah mengetahui bahwa ini adalah print ad Lego, otomatis audience akan mengerti apa yang ditawarkan oleh Lego, yakni mainan.
Oiya sebelum lupa, Copy “Create the Impossible” sangat simpel tapi sangat sejalan dengan visual dan membuat orang yang melihat langsung berkata “Ooo….” Lalu akan mengangguk-angguk mengeti.. Kalau masi ga ngerti juga, hubungin saya di priscilla.olivia@yahoo.com, saya akan jelaskan. Hahaha.. salam![phiya].

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More