Pages

Monday, June 16, 2008

Creative Work Plan "Ayo Reresik Bebarengan!"

CREATIVE WORK PLAN


I. KEY FACT

Bohlam Advertising berkolaborasi dengan Komunitas 16+ (DesKomVis ISI) yang sama-sama bergerak di bidang periklanan, membentuk suatu komunitas yaitu "Out Taste" (baca: autis). Out Taste ini diprakarsai oleh Pak Sumbo Tinarbuko yang ingin memajukan dunia periklanan Jogja. Out Taste akan diperkenalkan kepada masyarakat sebagai ruang kreasi anak kreatif di mana mereka dapat saling bertukar pikiran atau ide (brainstorming) untuk membuat iklan yang bagus. Maka dari itu, untuk mengenalkan Out Taste ke masyarakat, Out Taste akan menggelar pameran pada:

Tanggal: 3 s/d 7 Juli 2008
Tempat: Unit Gawat Dagadu (Jl. Pakuningratan)
Dalam rangka: Memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 2 Juli 2008
Tema: Lingkungan Hidup, dengan titik fokus masalah sampah non organik
Judul Kegiatan: "Ayo Reresik Bebarengan!"


Tujuan dari acara ini adalah untuk mengampanyekan kesadaran akan lingkungan hidup kepada seluruh lapisan masyarakat. Konsep dari kegiatan ini adalah pameran karya yang bertemakan lingkungan hidup dengan fokus sampah non organik. Untuk menyukseskan pameran tersebut, maka baik Bohlam maupun 16+ sama-sama menampilkan karya-karya mereka. Bagi Bohlam, karya yang dibuat yaitu berupa Iklan Layanan Masyarakat sedangkan 16+ membuat karya Desain Sosial. Karya yang akan dipamerkan sebelumnya akan dikurasi oleh Pak Sumbo. Deadline untuk pembuatan iklan jatuh pada tanggal 21 Juni 2008.


II. PROBLEM

Tema yang disorot adalah sampah. Mengapa sampah? Masalah sampah dan kerusakan lingkungan hidup masih menjadi masalah besar yang dihadapi umat manusia. Semakin banyak manusia, semakin banyak sampah dan hal itu tak terhindarkan lagi. Sampah telah beredar di mana-mana baik di darat, air, maupun udara. Hidup kita selalu tidak jauh dari hal-hal yang berbau sampah. Selama sampah ini didaur ulang, ditunggu sampai busuk, atau disembunyikan dari pandangan umum, namun belum tentu tindakan-tindakan ini dapat mengurangi sampah yang ada.


III. ADVERTISING OBJECTIVE

Pesan yang ingin kita sampaikan ke masyarakat melalui iklan kita nanti adalah mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah di hari mendatang. "Reresik" bukan hanya memindahkan sampah dari kamarmu ke tong sampah, tapi buatlah sesuatu sehingga sampah itu tidak lagi menjadi masalah; bahkan misalnya menjadikan sampah tersebut dapat dipakai lagi atau dialih fungsikan.


IV. SEGMENTATION

*Demografi

Jenis kelamin: Perempuan dan Laki-laki
Usia: 18-25 tahun
Lifestyle: Males membersihkan sampah, konsumtif (kalau beli barang maka suatu hari barang itu akan jadi sampah juga)
*Geografi: Yogyakarta


V. TONE AND MANNER

Gunakanlah local insight! Cari kisi-kisi dan nilai-nilai lokal masyarakat Yogyakarta yang bisa diangkat menjadi konsep kreatif iklan, sehingga iklanmu nanti "ngena" banget di hati masyarakat Yogyakarta.


VI. MANDATORIES & LIMITATION

-Ukuran kertas: A3
-Kumpulkan dalam bentuk softcopy saja

----------------------------------------------------

OK. Good luck guys! Kalo ada yang mau ditanyakan dan dikonsultasikan, hubungi Ticca (Project Officer) atau Putri/Ceuceu (Creative Director) ya!!



**posted by Acynthia Putri, who's still learning copywriting**

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More